Cara Menangani Bayi Kolik

Bayi Anda senantiasa menangis berjam-jam di saat spesifik sehari-hari? Hati-hati. Mungkin saja si Kecil alami kolik pada bayi.

Cara Menangani Bayi Kolik

Kolik yaitu kondisi waktu bayi yang dalam keadaan sehat seringkali menangis terlalu berlebih. Kondisi yang berlangsung pada sekitaran 20% bayi ini tidak sering dipahami jadi satu masalah kesehatan serta seringkali tidak terdiagnosis. Biasanya kolik berlangsung pada sebagian minggu awal sesudah bayi lahir serta juga akan berhenti sesudah bayi berumur 4 bulan. Umumnya bayi menangis di saat petang serta susah diredakan sampai sebagian jam. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan anda memandikannya menggunakan air hangat pakaikan baju yang nyaman untuk bayi dan jangan lupa gunakan perlengkepan bayi baru lahir seperti minyak telon yang hangat untuk bayi.

Bayi yang alami kolik umumnya menangis lebih dari 3 jam satu hari sepanjang paling tidak 3 hari satu pekan. Keadaan ini bisa berjalan sepanjang 3 minggu atau lebih.

Yang butuh diingat yaitu keadaan ini sesungguhnya termasuk juga normal serta tidak beresiko jelek dalam periode panjang. Bayi bisa dicurigai alami kolik bila waktu menangis tunjukkan tanda-tanda : ke-2 tangannya mengepal, menarik lutut ke perut, berwajah memerah, dan melengkungkan punggung.

Cermati serta selekasnya hubungi dokter bila tanda tersebut berlangsung :

  1. Waktu diangkat, badannya terkulai.
  2. Nada tangisnya bernada tinggi.
  3. Memuntahkan cairan hijau.
  4. Keluarkan cairan urine tambah lebih sedikit dari umumnya.
  5. Demam sampai 38 derajat atau lebih bila mereka berumur kurang dari 3 bulan serta
  6. 39 derajat untuk yang berumur lebih dari 3 bulan.
  7. Ada darah dalam tinja.
  8. Tambah lebih sedikit konsumsi cairan.
  9. Kejang.
  10. Bagian-bagian kulitnya tampak pucat atau membiru.
  11. Ubun-ubun terlihat menonjol.
  12. Alami masalah pernafasan.
  13. Ada ruam berwarna ungu kemerahan. Tanda ini dapat jadi tanda penyakit meningitis.

Penyebabnya kolik dengan tentu masih tetap belum juga bisa di ketahui. Disangka ada banyak peluang seperti masalah pencernaan, masuk angin, usus yang peka pada type protein spesifik, dan gula dalam susu formula. Memanglah belumlah ada bukti valid yang mengonfirmasi, tetapi sebagian keadaan tersebut bisa jadi bahan pelajari :

  1. Hentikan mengkonsumsi susu sapi. Ada peluang bayi Anda alami intoleransi protein dari susu sapi atau product susu beda. Anda bisa berpindah memberi susu memiliki loabel hipoalergenik dengan kandungan protein rendah. Mengkonsumsi susu formula memiliki kandungan kedelai tidak direferensikan pada bayi kurang dari 6 bulan karna memiliki kandungan hormon yang bisa memengaruhi perubahan seksual serta fisiknya di masa mendatang. Bila tanda tidak lebih baik sesudah satu minggu, Anda dapat kembali memberi susu sapi.
  2. Bila memberi ASI, Anda dapat juga coba sesaat berhenti konsumsi product susu untuk lihat apakah keadaan bayi Anda juga akan lebih baik. Bila nyatanya problemnya terdapat pada product susu yang Anda mengkonsumsi, jadi jadi penggantinya Anda butuh konsumsi sumber kalsium beda seperti suplemen.
    Kolik bisa lebih baik dengan sendirinya hingga sesungguhnya tidak memerlukan perlakuan spesial. Namun masih tetap ada beberapa cara yang bisa dikerjakan untuk memperingan kondisi. Tanyakan hal semacam ini dengan dokter Anda segera.

Menentramkan Bayi yang Alami Kolik

Oleh karna pemicunya yg tidak di ketahui tentu, jadi langkah perlakuan kolik juga butuh bisa tidak sama. Pada umumnya, tersebut beberapa hal yang bisa dikerjakan :

  1. Pijat perut bayi dengan lembut.
  2. Gendong bayi sepanjang dia menangis.
  3. Mandikan bayi di air hangat.
  4. Gendong bayi dalam gendongan kain atau selimut.
  5. Jauhi mengubah-mindahkan tempat bayi karna berisiko makin memicunya menangis
  6. lebih kencang. Membawanya ke kamar yang tenang, sejuk, dengan pencahayaan redup mungkin saja bisa menolong membuatnya lebih tenang.
  7. Ada saatnya Anda bisa menempatkannya pada bouncer atau kursi goyang spesial bayi. Membawanya jalan-jalan dengan mobil mungkin saja dapat juga menolong menentramkan.
  8. Bila sangat mungkin, beri dot untuk menentramkan bayi.
  9. Bersenandung atau keluarkan nada “sshhhhh…” pada bayi mungkin saja bisa membuatnya tenang.
  10. Bila Anda ketahui kalau bayi telah cukup konsumsi cairan serta cukup tidur, Anda bisa menentramkan dengan meletakkannya di ranjang sepanjang sebagian lama.
  11. Janganlah sesekali mengguncang bayi waktu dia menangis kencang.

Ada obat-obatan yang bisa diberi untuk mengatasi kolik pada bayi seperti tetesan simetikon. Cairan ini bisa ditambahkan pada susu atau ASI yang didapatkan didalam botol. Cairan ini bertindak menolong melepas gelembung udara dalam pencernaan bayi yang bisa mengganggu pencernaannya. Walau selama ini cairan itu dinyatakan aman untuk bayi, tetapi pemakaiannya mesti berdasar pada referensi dokter.

Beragam cara beda seperti air gula, therapy pijat, akupuntur, pemberian obat herbal, ataupun chiropractic kadang-kadang diaplikasikan untuk mengatasi kolik pada bayi. Tetapi selama ini belumlah ada bukti ilmiah yang menanggung ketekunan prosedur-prosedur itu. Bahkan juga pada masalah spesifik, aksi ini bisa membahayakan bayi.

Untuk menghindar kolik, tersebut banyak hal yang bisa dikerjakan :

  1. Ganti botol susu bayi dengan type beda. Lubang yang sangat kecil pada botol bayi bisa mengakibatkannya menelan semakin banyak udara dari pada cairan.
  2. Bila Anda menyusui, jauhi konsumsi sangat banyak kopi, teh, serta makanan pedas.
  3. Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut supaya dia bersendawa setelah makan. Anda bisa mengerjakannya dengan menempatkannya pada satu diantara pundak. Yakinkan kepala serta lehernya tersangga dengan baik. Usap punggungnya sampai dia bersendawa. Tidak apa bila ada sedikit makanan atau cairan yang keluar dengan sendawa.

Diatas semuanya perlakuan yang dijelaskan, perlu untuk melindungi sendiri supaya jangan pernah Anda alami stres hingga emosi tidak termonitor waktu mengatasi bayi. Bila Anda sendiri kelelahan, tambah baik untuk mengalihkan pengasuhan bayi sesaat pada orang yang lain paling dekat seperti suami atau kerabat.

Hal yang butuh diingat yaitu bukanlah bermakna ada yang salah dalam langkah Anda mengasuh bayi. Keadaan bayi Anda juga akan lebih baik serta Anda butuh tetaplah tenang. Anda juga butuh menjaga sendiri dengan istirahat cukup serta alur makan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website