Beberapa Alat Bantu Untuk Perawatan Bayi di NICU

Beberapa Alat Bantu Untuk Perawatan Bayi di NICU

Dibanyak kasus bayi yang terlahir secara premature, ketika usianya sudah mencapai hamper sebulan atau sekitar 28 hari atau dengan adanya penambahan berat badan bayi setiap harinya, maka biasanya bayi sudah tidak lagi memerlukan alat bantu kesehatan seperti oksigen ataupun infus. Ketika bayi sudah dapat menghisap secara spontan dan berat badan mencapai 2000 gram, maka bayi sudah bisa untuk dibawa pulang.

Terkait masalah berat badan, dibeberapa NICU bahkan ada yang sudah memperbolehkan bayi pulang walaupun berat badannya masih kurang dari 2000 gram. Namun hal ini dengan catatan secara umum kondisinya sudah membaik dan ibu mampu untuk merawatnya sendiri dirumah.

Diantara tanda-tanda kalau kondisi bayi sudah normal adalah sudah normalnya tanda-tanda vital, hasil pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan khusus pun menunjukan hasil yang normal. Ketika beberapa pemeriksaan belum menunjukan hasil yang normal maka bayi masih perlu untuk dirawat di NICU menggunakan beberapa alat bantu seperti :

1. Alat CPAP
Ketika bayi menderita sesak nafas yang cukup berat dan bayi tidak bisa bernafas sendiri atau kesulitan bernafas maka akan dipakaikan sebuah alat bantu nafas yaitu CPAP. Alat ini dipasang dibagian mulut yang dihubungkan ke selang kecil guna mengalirkan udara ke dalam paru-paru. Alat CPAP ini kini sudah hampir tersedia disemua tempat pelayanan kesehatan baik itu puskesmas, klinik atau rumah sakit. Karena memang saat ini sudah sangat mudah untuk melakukan pengadaan alat medis yang satu ini, dimana hampir disetiap daerah telah ada toko alat kesehatan yang jual CPAP beserta kelengkapannya.

2. Inkubator
Inkubator merupakan tempat atau ruangan kotak khusus bayi dengan dinding kaca, dimana didalamnya suhunya bisa diatur sesuai kebutuhan agar tetap hangat. Karena pada bayi terutama bayi premature, suhu yang hangat sangat dibutuhkan, dikarenakan jaringan kulit yang ada di bawah kulitnya masih sangat kurang yang menyebabkannya sangat rentan terkena hipotermia atau rendahnya suhu tubuh.

3. Monitor
Monitor saturasi oksigen biasanya dipasang pada bagian lengan bayi atau kaki yang bertujuan untuk memantau kadar oksigen di dalam darah. Sedangkan untuk monitor tanda-tanda vital akan dipasang di dada guna memantau detak jantung, suhu, aliran nafas dan juga tekanan darah.

4. Selang Cairan, Obat dan Nutrisi
Alat ini berguna untuk memasukan kebutuhan makanan dan nutrisi bayi, dimana biasanya pemberiannya dilakukan secara bertahap dilihat dari bagaimana kondisi perkembangan sang bayi.

Demikian tadi adalah beberapa alat bantu yang biasa digunakan pada ruang NICU untuk membantu tumbuh kembang bayi yang mengalami gangguan kesehatan atau yang lahir secara premature. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website