Cara Melelang Karpet Masjid untuk Kebersihannya

Ternyata system lelang ini juga kadang kala diterapkan pada karpet masjid. Tentu saja ini sangat diluar dugaaan. Awalnya pengurus masjid terkadan gkurang begitu optimis karena takut akan membebani para jamaah, dan terkadang seolah-olah seperti memaksa para jamaah untuk beramal.

Maka dari itulah, terkadan karpet ini menjadi harus dilelang agar karpet tersebut bisa lebih terawat. Namun, jangan samakan arti kata lelang disini sama seperti lelang pada umumnya. Karena, arti dari lelang disini sebenarnya adalah cara supaya karpet masjid bisa tetap bersih dan terawat dikarenakan adanya amal dari para jamaah.

Karena, seperti yang telah diketahui, bahwa terkadang dibutuhkan sejumlah uang untuk membersihkan karpet ini menggunakan jasa pencucian karpet. Sehingga, dibutuhkan amal dari para jamaah agar karpet tersebut tetap bersih dan terawatt, sekalipun tanpa mengeluarkan uang yang banyak.

Tapi, bagaimanakah caranya?

Di bawah ini adalah cara untuk melelang karpet masjid supaya karpet lebih terjaga, antara lain:

  1. Sebenarnya bukan untuk membebankan para jamaah. Arti dari kata melelang ini adalah untuk memberi kesempatan pada sejumlah jamaah agar bisa beramal. Jadi, Anda cukup memberi sampel sebanyak 3 shaf saja di depan ruangan masjid. Setelah itu, biarkan mereka yang memutuskan. Pastilah, dalam waktu 3 minggu, maka semua sudut ruangan karpet akan tercuci oleh para jamaah masjid.
  2. Ingatlah bahwa apapun yang dilakukan dengan ikhlas itu akan dimudahkan jalannya oleh Allah. Maka dari itulah, pilih saja karpet masjid yang benar-benar berkualitas agar para jamaah bisa merasa nyaman.
  3. Bila dananya terbatas, maka pesan saja 1 sampai dengan 2 shaf untuk bagian depan. Ini bisa dijadikan sebagai contoh untuk para jamaah. Dengan begitu, para jamaah tidak akan ragu untuk memberi infaq atau shodaqoh untuk pembelian karpet masjid.
  4. Anda bisa bersosialisasi pada para jamaah dengan cara mengumumkan saat shalat Jum’at.
  5. Buat banner atau brosur yang dipasang di depan masjid atau pada tempat yang strategis.

Semoga artikel ini dapat membantu para pengurus masjid untuk mendapat dana dengan cara paling cepat demi pengadaan karpet masjid dan juga sarana prasarana masjid yang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website