Cek Harga Sapi Qurban dan Tentukan Pilihan Hewan Qurban dengan Memperhatikan 3 Tips Ini!

Apabila tahun ini Anda punya rencana untuk berkurban maka dijamin sudah menyiapkan berbagai hal untuk menunaikan niat tersebut. Idul Adha sama seperti Idul Fitri yang diperingati oleh umat muslim satu kali dalam setahun, dan menjadi hari raya terbesar kedua. Merayakannya tentu setiap orang punya cara yang berbeda namun pada hari Idul Adha ada sebuah ciri khas. Yakni berlimpahnya stock daging di rumah karena adanya penyembelihan hewan kurban dalam jumlah banyak di masjid-masjid dekat rumah.

 

Ketika tidak memiliki kemampuan untuk membeli daging kambing maupun sapi karena per kilonya memiliki harga mahal. Maka di idul Adha keinginan untuk mencicipi rasa dan sensasi daging tersebut terbuka lebar-lebar. Tidak menutup kemungkinan jika tahun lalu Anda hanya menerima daging kurban maka tahun ini sudah bisa berkurban. Tentunya keinginan ini dimiliki oleh setiap muslim, dan untuk mewujudkannya perlu persiapan tabungan, niat, dan tentunya ilmu dalam memilih hewan kurban. Ya, memilih hewan kurban memang tidak boleh sembarangan ada syarat dan ketentuan yang berlaku sejak zaman Rasulullah SAW.

 

Tips Memilih Hewan Kurban yang Sesuai

 

Ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan tatkala memilih hewan kurban, tidak peduli berapa mahal harga sapi qurban. Ketika tidak memenuhi ketentuan berikut maka tidak diperbolehkan untuk dipilih:

 

  1. Merupakan sapi berjenis kelamin jantan,

Hewan kurban memang diwajibkan hewan berkaki empat dan merupakan hewan yang bisa diternakkan. Muslim Indonesia bisa memilih antara sapi ataupun kambing yang tentunya harus berkelamin jantan. Sebab seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW ketika beliau berkurban kemudian daging hewan jantan memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga lebih sehat dibanding yang betina.

 

  1. Memiliki tubuh yang sehat dan bugar,

Selain harus jantan, sapi yang Anda pilih baiknya memiliki tubuh yang sehat sehingga tidak membeli sapi yang sakit. Sakitnya seekor sapi bisa dilihat secara kasat mata melalui beberapa tanda di fisik tubuhnya. Misalnya sapi yang sakit umumnya mudah ngiler, mata terus mengeluarkan air, tidak bergerak lincah, makanya sedikit, dan lain sebagainya. Ajak teman yang ahli menentukan mana sapi sehat dan mana yang sakit agar kurban Anda tahun ini memang sudah sesuai dan terbaik.

 

  1. Tampilan fisik yang sempurna,

Sapi yang sakit tidak boleh dijadikan hewan kurban demikian pula jika sapi tersebut memiliki cacat, baik sejak lahir maupun tidak. Fisik sapi maupun kambing yang dikurbankan haruslah sempurna sehingga enak dipandang mata. Misalnya telinga yang sehat dan bentuknya sempurna, memiliki ekor, kaki berjumlah empat dan dilengkapi kuku yang bentuknya juga sempurna, dan lain sebagainya. Sepertinya untuk mengetahui kesempurnaan fisik sapi kurban tidaklah sulit sebab bisa diamati dengan mata telanjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website