3 Jenis Alat Kesehatan Dan Contohnya Beserta Penjelasannya

Kita tahu ada banyak sekali macam dan jenis alat kesehatan yang digunakan di rumah sakit atau klinik. Dari semua itu, setidaknya terdapat tiga jenis alat medis yang bisa kita sebutkan untuk memudahkan kita memahami sekian banyak alat – alat kesehatan yang ada. Apa sajakah itu ? Tiga macam alat kesehatan tersebut yaitu alat elektromedik, non elektromedik dan diagnostic invitro. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu – persatu dengan disertai satu macam contohnya.

alat kesehatan dan contohnya

1# – Alat Elektromedik

Elektromedik erat sekali hubungannya dengan listrik atau elektro. Jadi dapat kita definisikan bahwa alat elektromedik adala alat – alat medis yang berhubungan dengan listrik. Yaitu yang bekerja dengan prinsip atau dengan menggunakan tenaga listrik. Contohnya :

EKG

Elektrokardiograf (EKG) merupakan alat medis yang berfungsi untuk merekam aktifitas otot jantung. Alat ini tentu saja menggunakan tenaga listrik karena di dalam alat tersebut terdiri dari komponen – komponen elektronik. Tidak hanya itu, alat ini juga memiliki fungsi yang berhubungan dengan listrik yaitu merekam aktifitas kelistrikan otot jantung.

2# – Non Elektromedik

Aalat Non Elektromedik merupakan kebalikan dari jenis alat yang pertama yaitu tanpa listrik atau alat – alat yang tidak membutuhkan tenaga listrik. Dapat kita katakan juga sebagai alat manual. Ada banyak sekali jenis alat ini. Kelompok alat ini didominasi oleh alat – alat atau bahan habis pakai. Contohnya seperti alat infus, alat suntik (spuit), sarung tangan karet, dan lain sejenisnya.

3# – Diagnostic In Vitro

Sedikit berbeda dengan dua jenis alat medis pada nomor 1 dan nomor 2. Alat ini didasarkan pada spesifikasi fungsinya yang khusus yaitu sebagai alat untuk mendiagnosa untuk menemukan gangguan atau kelainan yang diderita pasien. Alat ini biasanya terdapat dalam laboratorium. Contohnya :

Chemistry Analyzer 

Salah satu alat yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit pada pasien adalah alat ini. Chemistry Analyzer yang juga disebut dengan istilah Photometer. Alat ini berfungsi untuk menganalisa kadar zat – zat kimia yang terdpat di dalam darah seperti glukosa, kolesterol, asam urat dan lain sebagainya. Harga Chemistry Analyzer yang cukup mahal membuat alat ini tidak dimiliki oleh setiap rumah sakit dan klinik.

Saya kira cukup sedikit penjelasan yang bisa saya sampaikan di kesempatan ini. Semoga ulasan singkat mengenai alat kesehatan dan contohnya beserta fungsinya bisa menambah wawasan untuk anda semua. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website