Beberapa Alat Kesehatan Yang Menggunakan Sensor

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memang kita akui membawa dampak yang luar biasa bagi kemudahan manusia. Tidak terkecuali dalam dunia medis atau kesehatan. Berapa banyak teknologi terbaru di bidang apparatus atau alat – alat medis yang semakin canggih dengan teknologi mutakhir. Diantaranya adalah ditemukannya berbagai macam teknologi sensor yang bisa dimanfaatkan di dalam pengembangan alat – alat medis. Berikut penulis ingin berbagi wacana tentang alat – alat medis yang bekerja dengan menggunakan sistem sensor elektronik.

1. Inkubator Bayi

Inkubator Bayi pada awalnya adalah sangat sederhana, yaitu digunakan untuk membuat ruangan yang hangat dan nyaman untuk bayi. Namun seiring perkembangan zaman, inkubator bayi penuh dengan sisem yang menggunakan peralatan canggih seperti sensor. Ada beberapa sensor yang digunakan dalam alat ini seperti sensor suhu untuk mengatur kondisi suhu agar tetap satabil, sensor kelembaban, alarm kegagalan dengan sensor dan lain sebagainya.

2. Syringe Pump

Meskipun sudah banyak yang jual Syringe Pump, tapi masih ada juga klinik yang belum memiliki alat canggih dengan sensor mekanik dan elektronik tersebut. Fungsi alat ini kalo kita katakan sebenarnya sangat simpel, yaitu untuk mengatur laju pemberian suntikan obat pada pasien dengan sosis tertentu dalam waktu tertentu. Sensor yang digunakan adalah menggunakan mikro komputer yang dipadukan dengan mekanik rotor untuk menggerakan spuit yang diletakan pada alat tersebut. Sehingga alat ini bisa berjalan dengan pengaturan yang di inginkan.

3. USG ( Ultrasonografi)

Mungkin dahulu orang tidak pernah membayangkan bisa melihat organ dalam tubuh manusia, namun kenyataanya sekarang bisa. Dengan menggunakan alat ini, kita bisa melihat isi dalam tubuh seperti lambung, hati, usus, dan lain sebagainya. Alat tersebut juga menggunakan sebuah sensor yang bisa memancarkan dan menangkap gelombang suara ultra serta mengubahnya dengan tranducer sehingga bisa kita lihat pada layar monitor.

Nah itulah beberapa contoh pesatnya dunia teknologi menyelinapi sisi kehidupan manusia dari segaka penjuru. Dari kompunikasi, hingga alat – alat medis. Dan masih ada banyak sekali alat – alat medis lainnya yang menggunakan teknologi lebih canggih lagi. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website