Tata Cara Sholat Tahajud dan Waktu Pelaksanaannya

Mungkin banyak dari kita yang bahkan tidak tahu bagaimana tata cara sholat tahajud, namun ingin melakukannya agar dapat semakin mendekatkan diri dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebenarnya tata cara sholat sunnah malam ini tidak jauh berbeda dengan sholat lima waktu. Yang menjadikannya berbeda hanyalah waktu pelaksanaannya serta bacaan niat sholat. Waktu pelaksanaan sholat tahajud sendiri adalah pada malam hari setelah kita tertidur, walau hanya sebentar. Mulai dari selepas waktu Isya hingga memasuki waktu Subuh adalah waktu untuk melakukan sholat tahajud.

Berikut adalah tata cara sholat tahajud secara lengkap sebagai panduan kita dalam melaksanakan ibadah ini. Memperhatikan tata caranya akan dapat membantu dalam mengerjakan ibadah secara tepat.

  1. Mulailah sholat tahajud dengan membaca niat terlebih dahulu. Niat ini sekaligus yang membedakan sholat tahajud dengan sholat lima waktu yang biasa dilakukan
  2. Baca surat Al Fatihah disertai suratan pendek
  3. Lanjutkan dengan ruku, itidal serta sujud
  4. Pada rakaat kedua, baca surat Al Fatihah dan suratan pendek lainnya
  5. Kembali lanjutkan dengan ruku, itidal serta sujud, akhiri dengan salam
  6. Setelah selesai, kita bisa melanjutkan dengan dzikir serta bacaan doa sholat tahajud. Jangan langsung bangkit namun duduklah terlebih dahulu dengan khusyu agar bisa semakin mendekatkan diri dengan Sang Pencipta

Jumlah rakaat sholat tahajud sendiri minimalnya adalah dua, namun kita juga bisa menambah jumlah rakaat ini sesuai kemampuan. Bacaan suratan pendek yang disarankan adalah An Nas serta Al Falaq, namun kita juga bisa membaca suratan pendek yang lain. Setelah sholat, selain membaca dzikir kita juga bisa meneruskan dengan membaca shalawat Nabi sebanyak tiga puluh dua kali. Tata cara sholat tahajud ini adalah pada malam hari mulai dari waktu Isya hingga masuk waktu Subuh, serta dilakukan setelah bangun tidur. Sehingga apabila kita belum tidur namun sudah melakukan sholat dua rakaat, itu bukan termasuk sholat tahajud namun dihitung sebagai sholat sunnah dua rakaat. Sekian semoga ulasan di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website