Daun Pegagan dan Manfaatnya

daun pegagan

Daun Pegagan dan Manfaatnya. Daun pegagan adalah salah satu tanaman yang berasal dari daerah asia tropic yang sudah tersebar di asia tenggara termasuk Negara kita yaitu Indonesia. Daun pegagan adalah salah satu tanaman yang biasa digunakan untuk obat tradisional atau herbal untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit dan sangat bagus dikonsumsi untuk kesehatan, bukan hanya untuk kesehatan saja, daun pegagan juga bisa dimanfaat sebagai alat kecantikan, maka tak heran bannyak yang mencari daun pegagan. Tanaman daun pegagan ini mempunyai nama latin yang bernama centella asiatica L urban yang berasal dari klasifikasi kerajaan plantae dan berasal dari keluarga mackinlayaceae. Di setiap daerah nama daun pegagan ini berbeda-beda namun sama dalam hal manfaatnya. Sejak dulu kala daun pegagan ini sudah terkenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Daun pegagan ini sering disebut atau banyak dikenal dengan daun kaki kuda dan antanan. Tanaman daun pegagan ini bersifat cosmopolitan yang tumbuh secara liat pada tempat-tempat yang lembab pada intensitas sinar yang rendah. Tanaman daun pegagan ini bisa tumbuh dimana saja di daerah dataran tinggi maupun di daerah dataran rendah.

Tanaman daun pegagan ini tumbuh secara merayap dan Tanaman daun pegagan ini mempunyai bentuk yang menyerupai bentuk kipas yang permukaannya licin dan tepi daun pegagan melengkung keatas dan bergerigi. Daun pegagan ini tidak berbatang dan mempunyai tinggi tanaman dengan ukuran sekitar 10-50 cm, dan mempunyai tangkai yang bentuknya pelepah yang ukurannya sedang atau agak panjang dengan ukuran 5-15 cm. Daun pegagan ini mempunyai kandungan senyawa yang sangat banyak dan tinggi yang sangat bagus untuk kesehatan. Tanaman daun pegagan ini mempunyai kelemahan mengenai tempat yang jual daun pegagan kering, daun pegagan tersebut tidak bisa tahan dengan tempat yang kering dikarenakan dengan system perakarannya yang dangkal, oleh karena itu factor iklim sangat penting untuk daun pegagan, iklim yang bagus untuk perkembangan daun pegagan adalah curah hujan. Tetapi apabila daun pegagan ini ditanam pada musim kemarau, pastinya akan kekurangan air, untuk mengatasinya daun pegagan ini harus dilakukan penyiraman sesuai dengan kebutuhan agar tidak kekurangan air.

Manfaat dari daun pegagan sangat banyak sekali dan bagus untuk kesehatan, diantaranya daun pegagan bisa dimanfaatkan untuk mengobati mata, kandungan yang ada pada daun pegagan yaitu vitamin A dapat membantu mengobati berbagai penyakit yang menyerang mata. Memerangi kanker juga salah satu dari manfaat atau khasiat dari daun pegagan, untukk terhindar dari penyakit kanker anda bisa mengkonsumsi daun pegagan secara rutin dan teratur. Daun pegagan juga mempunyai fungsi untuk mengobati sariawan, kandungan senyawa yang terkandung pada daun pegagan yaitu kandungan vitamin C dapat membantu mengobati sariawan agar cepat sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website