Mengintip Pesona Gua Tomolol yang Aduhai

Masih berbicara seputar Raja Ampat yang tidak ada habis-habisnya, ternyata tempat ini masih menyimpan banyak sekali objek wisata yang belum terekspos secara besar-besaran. Salah satunya yakni Pesona Gua Tomolol yang tidak kalah indah dengan gua yang lain dan patut untuk Anda datangi.

Berikut Ini Sepenggal Informasi Mengenai Gua Tersebut
• Mitos
Gua Tomolol merupakan sebuah gua yang terletak di daerah Misool. Gua ini merupakan gua sejarah karena menjadi cikal bakal dan bukti jejak nenek moyang dalam menyampaikan Islam di daerah tersebut. Hampir sebagian penduduk belum tau persis keberadaan Gua ini. Konon, banyak para wisatawan yang tidak berhasil menemukan keberadaan Goa ini karena niatan yang tidak baik. Oleh sebab itu, gua ini dinamakan Gua Keramat. Jika Anda ingin berkunjung ke gua ini, maka usahakanlah mengajak pemandu wisata lokal. Selain sebagai tempat wisata, gua ini juga digunakan sebagai tempat ziarah, khususnya bagi para calon jemaah haji. Setiap calon jemaah haji diharuskan berziarah ke tempat ini sebelum keberangkatan. Selain itu, pada gerbang gua sering terdengar suara orang yang sedang bermain rebana. Walaupun berbau mistik, Pesona Gua Tomolol tetap menjadi incaran para wisatawan.

• Keindahan
Jika Anda singgah di Gua Tomolol, maka Anda akan merasakan hawa yang mistis yang membuat bulu kuduk merinding.Mata Anda akan tertuju pada setiap pojok-pojok dinding gua. Di dalam gua ini terdapat sebuah makam yang terkenal keramat. Dimana makam tersebut merupakan makam seorang tokoh penyiar agama Islam di Misool dan sekitarnya. Namun uniknya, di dalam gua ini terdapat lautan indah . Air laut yang bening mampu mencuri perhatian setiap wisatawan yang datang. Tetesan air yang mengalir pada tebing kapur mengukir sebuah lafal Alloh dengan indahnya. Pesona Gua Tomolol yang lain tertuju pada sebuah ceruk ditebing karang. Di tempat itu tersimpan beberapa tengkorak manusia yang gosong. Di tempat lain, di sepanjang tepi teluk terlihat sebaran kerangka-kerangka manusia.

Selain suasana yang mistis, di tempat ini Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam yang sangat menawan. Anda Akan terkagum-kagum dengan lukisan telapak tangan manusia dan hewan yang sangat besar. Air laut yang tenang berwarna hijau tosca menarik setiap orang untuk berkaca diatas permukaannya. Bongkahan batu karang saling berhadapan bagaikan sebuah pintu gerbang. Konon, di balik batu tersebut tersimpan wajah seorang laki-laki dan perempuan yang saling berhadapan. Air terjun Salaswati yang mengalir indah di sebelah utara menambah keindahan tersendiri bagi gua yang satu ini. Terkadang masyarakat juga menarikan sebuah tarian perang di dekat bunker Gua Tomolol. Sajian tari tersebut menambah eksotisme tersendiri bagi Gua Tomolol.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke gua ini, sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang pantas. Bila tidak memakai pakaian yang pantas, maka Anda tidak diperkenankan untuk memasuki gua Tomolol. Pesona Gua Tomolol yang indah selalu memberikan kenangan terdalam bagi hati para wisatawan. Ditambah perpaduan dengan suasananya yang konon mistis, menjadikan gua ini menjadi pusat perbincangan. Anda penasaran ingin melihat keindahan goa tersebut ? anda bisa hubungi raja ampat holidays untuk kesini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website